Minggu, 30 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Apel merupakan buah yang disukai banyak orang, selain warnanya menarik, buahnya juga lezat. Apel dikenal sebagai rajanya buah. Didunia apel memiliki banyak varietasnya, bahkan Departement Pertanian di Amerika menyebutkan lebih dari 7000 jenis apel didunia baik apel alami maupun apel hasil persilangan.

Dibalik warnanya yang menarik, ternyata apel menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Sampai-sampai apel dijuluki sebagai dokter alami. Selain mengandung tinggi serat, apel juga mengandung pektin, flavonoid, asam elegat, zat besi, asam klorogenik, borron.

Makan apel tidak hanya membuat jauh dari penyakit, tetapi juga membantu menjaga kecantikan dan kulit halus. Dalam 100 gram apel mengandung 58 kal, protein 0.3 gram, lemak 0.4 gram, karbohidrat 14.9 gram.

Berikut hasil yang didapat dari konsumsi apel akan mencegah:

1. Parkinson
Radikal bebas yang menyebabkan timbulnya resiko parkinson dapat dicegah dengan zat antioksidan yang terdapat dalam apel. Konsumsi secara rutin dapat mencegah gejala awal yang ditandai dengan rusaknya sel otak yang memproduksi hormon dopamin.

2. Kanker
Dibalik warnanya yang segar dan mencolok, tersimpan zat flavonoid yang besar. Menurut Institut Kanker di Amerika menyebutkan flavonoid mampu menurunkan resiko kanker paru-paru hingga 50%. Selain itu dapat menangkal radikal bebas seperti polusi, asap kendaraan dan asap pabrik.

Asam elegat yang terkandung dalam apel mampu melindungi kromosom dari kerusakan serta menghambat karsinogenik.

3. Cegah pikun
Kandungan kuersetin dalam apel dapat mencegah kepikunan dan meningkatkan imunitas tubuh. Kuersetin akan melindungi sel otak dari degenerasi dengan neuro protektif

4. Asma
Apel mampu mencegah timbulnya serangan asma. Asma yang timbul akibat adanya peradangan dapat dicegah dengan zat flavonoid dan asam fenolik yang terkandung didalam buah apel.

5. Menangkal racun logam berat dan Antivirus
Kandungan glutation dalam apel dapat menangkal racun dari logam berat seperti timbal, timah yang masuk ke tubuh.

Kandungan glutation ini juga mampu menangkal serangan infeksi virus. Seorang ilmuwan Konowalchuck J, 1978 menyatakan dengan konsumsi 3 kali sehari apel mampu mencegah berbagai macam serangan virus.

6. Menurunkan kadar kolesterol
Satu diantara banyak zat penting yang terkandung dalam apel adalah pektin. Pektin merupakan serat larut yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu pektin mampu mengikat asam empedu berlebih dalam tubuh dan mampu melunakkan feces, sehingga memudahkan untuk buang air besar

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar