Senin, 17 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sakit kepala adalah masalah yang umum menimpa setiap orang. Sakit kepala merupakan suatu kondisi terdapatnya rasa nyeri pada kepala atau dalam bahasa medis adalah Cephalalgia. Sakit kepala dapat mengurangi produktivitas kehidupan. Banyak hal yang harus dilewatkan oleh adanya sakit kepala.

Untuk mengurangi sakit kepala biasanya digunakan obat. Obat yang beredar saat ini memang sangat efektif untuk mengurangi sakit kepala, seperti parasetamol, ibuprofen, antalgin atau kombinasi beberapa obat.

Tetapi ada baiknya kita tidak harus konsumsi obat terus menerus, karena tentu kita sudah mengetahui efek samping dari obat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya sakit kepala, sehingga kita dapat menghindari penggunaan efek samping obat.

Beberapa diantaranya sangat efektif untuk menghilangkan bahkan mencegah timbulnya sakit kepala. Berikut cara yang dapat dilakukan

Terkadang sakit kepal timbul akibat adanya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Saat kekurangan cairan tubuh, maka metabolisme tubuh terganggu. Darah akan mengental, sehingga akan menyebabkan pasokan oksigen dalam yang diedarkan ketubuh akan berkurang, sehingga hal ini akan menimbulkan rasa nyeri pada kepala. Sehingga minum air putih sangat efektif membantu menghilangkan sakit kepala. Dan sebaiknya dilakukan rutin, untuk mencegah timbulnya sakit kepala.

Rasa nyeri pada dasarnya merupakan mekanisme tubuh untuk bertahan hidup. Tetapi pada kasus sakit kepala yang telah berkepanjangan, maka masalah emosional lebih dominan. Janice M Singles, PsyD dari Universitas Wisconsin mengatakan, memikirkan sesuatu lain untuk mengalihkan perhatian dari rasa nyeri dapat dilakukan. Kelihatannya sulit untuk dilakukan, tetapi kita dapat mencobanya, seperti menonton TV dan membaca buku atau melakukan aktivitas yang kita sukai. Kita perlu sedikit memaksa tubuh kita untuk melakukan aktivitas

Meditasi dapat menjadi obat untuk mengurangi sakit kepala. Ketika mengalami sakit kepal, mencoba bermeditasi bukanlah hal yang buruk. Pejamkan mata, kemudian tarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa detik kemudian hembuskan panjang perlahan. Lakukan hingga pengurangan ketegangang otot kepala berkurang.

Beberapa penelitian menunjukkan pasien dengan gangguan sakit kepala cenderung mempunyai banyak pikiran negatif. Menurut para ahli, pikiran negatif dapat menambah sakit kepala, sebaliknya pikiran positif akan melawan sakit kepala. Menurut Singles pikiran seseorang sangat kuat untuk mengontrol rasa sakit.

Walaupun bukan untuk mengatasi sakit kepala secara cepat, menyeduh teh atau air hangat jeruk akan mengurangi rasa sakit kepala. Setelah minum air teh hangat biasanya tubuh akan lebih segar, aliran darah akan lancar. Usahakan juga mendapatkan suasana yang nyaman.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah sakit kepala tanpa menggunakan obat. Sehingga efek samping obat dapat dikurangi.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
caraalami.net
health.detik.com

0 komentar :

Posting Komentar