Rabu, 05 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Part I...

1. Monoterpen
Monoterpen merupakan salah satu senyawa penting yang dihasilkan oleh tanaman dari genus Citrus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, beberapa monoterpen memiliki aktivitas sebagai antitumor.

Prinsip dasar penyusunannya sebagai penggabungan kepala dan ekor dari 2 unit isopren. Berdasarkan kerangka karbon dibagi menjadi:
a. Monoterpen Asiklik
b. Monoterpen Siklik
c. Monoterpen Siklopenten
d. Monoterpen tidak beraturan

Monoterpen terbentuk dari 2 satuan isopren yang membentuk 10 atom karbon. Monoterpen merupakan komponen utama dari minyak atsiri yang berperan dalam menimbulkan bau dan rasa. Monoterpen memiliki titik didih berkisar antara 140-180°C. Berdasarkan kerangka karbonnya monoterpen dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu asiklik, monosiklik, dan bisiklik.

2. Seskuiterpen
Merupakan golongan terbesar dari terpenoid. Biosintesis tersusun dari 3 macam unit isopren dengan 15 atom karbon. Seskuiterpen terdapat sebagai minyak atsiri yang tersuling uap dan berperan penting dalam memberi aroma pada buah dan bunga. Seskuiterpen dipilih berdasarkan kerangka karbon dasarnya, yang umum adalah asiklik, monosiklik dan bisiklik. Beberapa jenis seskuiterpen : Caryophillen, Artemisinin, Feverfew, Valerian

3. Diterpenoid
Merupakan golongan nonvolatile, Biosintesis terdiri dari 4 unit isopren yang selanjutnya dikenal dengan istilah Geranil Geranil Pirophosphat. Senyawa diterpenoid adalah senyawa C20. Sejumlah besar diterpenoid berasal dari siklisasi terinduksi proton dari all-trans-geranilgeraniol pirophosphat yang terlipat menjadi konformasi all chair, siklikasi ini dimulai dengan suatu pola trans-anti-trans dan sterokimiawi rantai samping sis.

Manfaat diterpenoid diantaranya adalah Sebagai pengatur pertumbuhan, Sebagai hormon pertumbuhan tanaman, podolakton inhibitor pertumbuhan tanaman, inhibitor tumor, senyawa pemanis, dan anti karsinogen. Selain itu juga dapat digunakan sebagai antibakteri pada herba meniran.

Terpenoid Part III go to....

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar