Jumat, 28 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang termasuk dalam familia retrovirus yaitu kelompok virus terselubung (envelope virus) yang mempunyai enzim reverse transcriptase, enzim yang dapat mensintesis kopi DNA dari genon RNA. Virus ini masuk dalam sub familia lentivirus berdasarkan kesamaan segmen genon, morfologi dan siklus hidupnya.

Partikel HIV terdiri atas inner core yang mengandung 2 untai DNA identik yang dikelilingi oleh selubung fosfolipid. Genon HIV mengandung gen env yang mengkode selubung glikoprotein, gen gag yang mengkode protein core yang terdiri dari protein p17 (BM 17.000) dan p24 (BM 24.000), dan gen pol yang mengkode beberapa enzim yaitu : reverse transcriptase, integrase dan protease. Selain itu HIV juga mengandung 6 gen lainnya yaitu vpr, vif, rev, nef dan vpu yang mengatur proses reproduksi virus. Bagian paling infeksius dari HIV adalah selubung glikoprotein gp 120 (BM 120.000) dan gp 41 (BM 41.000).

Virion virus HIV berbentuk sferis dengan inti berbentuk kerucut yang dikelilingi oleh selubung lipid dari membran sel hopes. Inti virus mengandung protein kapsid terbesar yaitu p24, protein nukleokapsid  p7/p9, sedangkan 3 enzim yaitu protease, reverse transcriptase dan integrase.

Inti virus yang berada di bawah lapisan lipid dinamakan p17 yang dikelilingi oleh matriks protein. Hasil translasi berupa protein prekursor yang besar dan akan dipotong oleh enzim protease virus menjadi protein mature

HIV dikelompokkan berdasarkan struktur genom dan antigenitasnya yaitu HIV - 1 dan HIV - 2

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Cermin Dunia Kedokteran vol 130, 2001

1 komentar :