Jumat, 21 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hampir setiap hari mata melihat berbagai macam warna di dunia ini. Dan tahukah Anda ternyata warna dapat membantu kesehatan jika dimanfaatkan dengan baik.

Warna dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Anne Woodheem dan Davids Peter dalam ensiklopedia Healing Therapies menyatakan bahwa efek biru dan hijau ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Hijau diyakini sebagai pertumbuhan dan biru sebagai warna kedamaian.

Warna dapat mempengaruhi emosi, sedih, gembira, meningkatakan semangat atau lainnya. Dapat diambil contoh, permen dengan yang berwarna warni lebih menarik dibandingkan dengan 1 macam warna saja. Oleh sebab itu para marketing sering menggunakan warna untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Dinshah P Ghadiali seorang ilmuwan India berpendapat bahwa kekuatan dari warna terletak pada fakta bahwa mereka memancarkan getaran yang dapat memperbaiki mood dan suasana hati, sehingga mampu memberi efek penyembuhan. Sebuah studi dikutip dari Indiva menyatakan Chromotherapy telah digunakan selama berabad-abad membantu menyembuhkan gangguan dari tubuh, pikiran dan jiwa.

Meningkatkan nafsu makan
Dekorasi ruangan dengan warna-warna cerah, ceria dan menyenangkan menjadi hal yang baik untuk meningkatkan nafsu makan, seperti merah, orange dan kuning telah terbukti merangsang sistem saraf dan meningkatkan nafsu makan.

Termasuk dalam menyajikan makanan dengan warna yang menarik dan warna-warni, seperti campuran tomat, wortel dan sayuran muda. Sedangkan warna pink dapat menekan nafsu makan, jadi jangan menggunakan warna pink ketika makan

Mengatur sirkulasi dan metabolisme tubuh
Warna orange adalah warna yang cocok, karena diyakini berhubungan dengan limfa sebagai pengatur sirkulasi dan metabolisme tubuh. Warna orange berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan. Warna pelengkapnya adalah warna biru

Meningkatkan konsentrasi, memori dan percaya diri
Adalah warna kuning dan ungu. Tempatkan sesuatu di ruang belajar dengan benda yang identik warna kuning. Gunakan busana dengan warna kuning untuk meningkatkan kepercayaan diri

Ungu merupakan warna cakra mahkota dan berhubungan dengan energi dari fungsi tertinggi pikiran. Warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi ketidakmampuan. Sering digunakan untuk terapi gangguan mental dan saraf, menekan nafsu makan dan terapi migarin.

Cakra jantung
Hijau merupakan warna yang alami dan menunjukkan kemurniaan dan harmoni. Warna ini dapat dikatakan penyembuh yang luar biasa. Hijau digunakan untuk menyeimbangkan dan menstabilakan energi tubuh. Meredam stres dan mendorong tidur nyenyak. Cocok untuk anak hiperaktif

Memberi tekanan
Perlu diperhatikan jika menempatkan warna coklat atau maroon. Meskipun sangat baik untuk landasan warna, tenyata warna tersebut dapat memberikan tekanan pada diri sendiri. Lakukan kombinasi dengan warna netral.

Cinta
Adalah warna pink dan merah. Tidak hanya meningkatkan denyut jantung, tetapi warna merah dan pink juga memberikan energi positif. Mendekor warna merah dan pink juga bisa meningkatkan gairah

Warna merupakan hal yang dasar pada manusia, yang selalu lekat. Sengaja atau tidak warna dapat mempengaruhi kehidupan kita. Sehingga diharapkan kita dapat menemukan warna yang harmoni dalam kehidupan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar