Sabtu, 29 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kehamilan merupakan kesenangan tersendiri bagi orang tua. Maka tak heran ibu hamil akan menjaga bayinya dengan baik hingga lahir. Salah satunya adalah memilih makanan yang tepat. Saat kehamilan memang tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, karena akan berdampak buruk untuk bayi maupun ibunya.

Makanan yang kaya akan asupan gizi, protein dan vitamin merupakan makanan penting untuk kesehatan ibu dan bayinya. Bahkan Rasululallah sangat menekankan pentingnya makanan untuk ibu hamil.

Berikut makanan yang dianjurkan baik oleh Rasulullah maupun para Ahli untuk ibu hamil


1. Buah Pir
Rasulullah bersabda "Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian"

2. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan protein kualitas tinggi dan kaya akan omega 3. Kandungan ini sangat baik untuk pertumbuhan dan otak bayi. Batas aman yaitu 12 ons per minggu untuk konsumsi ibu hamil

3. Buah safarjal
Buah sejenis apel yang banyak mengandung khasiat. Rasulullah bersabda : Berilah makanan buah safarjal kepada wanita yang sedang hamil, karena ia dapat membuat bagus akhlak anak yang akan dilahirkan"

4. Buah Kurma
Rasulullah bersabda "Berikanlah buah kurma kepada istri kalian di bulan kesembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang dilahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih". Menurut penelitian buah kurma mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil, karena akan meningkatkan kadar hemoglobin darah, sehingga terhindar dari anemia.

Umar bin Khatab berkata "Barni adalah sebagus-bagusnya kurma. Berilah ia kepada para wanita yang sedang masa nifas, supaya anaknya menjadi anak yang penyabar dan bijak"

5. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung karatenoid yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Karatenoid berbeda dengan pembentuk vitamin A lainnya. Karetenoid hanya akan dibentuk menjadi vitamin A ketika dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tidak berbahaya untuk tubuh.

Selain harganya murah, kandungan lainnya seperti vitamin C, asam folat dan seratnya juga cukup tinggi.

6. Buah semangka
Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung air. Buahnya yang segar dan manis hampir disukai oleh semua orang tak terkecuali ibu hamil. Rasulullah bersabda "Setiap wanita hamil yang makan buah semangka maka anaknya akan cantik wajahnya dan baik akhlaknya"

7. Buah Delima
Buah yang juga sering disebut dengan Pome grenate ini mengandung flavonoid yang tinggi yang merupakan antioksidan. Bahkan kadar flavonoidnya 3 kali lebih tinggi dari pada teh hijau.  Kandungan lain seperti asam sitrat, asam folat, vitamin C, B6, A dan E serta mineral lainnya yang dibutuhkan semasa kehamilan.

Penelitian di skotlandia menyatakan konsumsi 500 ml jus buah delima setiap hari mampu mengurangi kadar kortisol yang memicu hormon stres secara signifikan. Tentu hal ini sangat membantu kehamilan ibu, karena banyak dari ibu hamil sering mengalami gangguan emosi selama kehamilan.

8. Walnut
Walnut dapat dipilih sebagai pengganti ikan atau telur. Kandungan omega 3 yang tinggi sangat dibutuhkan untuk perkembangan terutama otak bayi.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Tabloid Kisah Hikmah ed 123 - Makanan Islami - Maret 2012

0 komentar :

Posting Komentar