Rabu, 05 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bukan kata yang jarang didengar bahwa "sarapan itu penting". Namun apa yang dapat dilihat? Banyak orang melewatkan sarapan mereka. Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang meninggalkan sarapan mereka, diantaranya tidak punya cukup waktu, ada pula yang kurang nyaman saat makan pagi. Tetapi tahukah bahwa kata "sarapan itu penting" adalah hal yang benar-benar penting.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya seseorang tetap mengambil sarapan mereka.

1. Mencegah Kegemukan
Riset di Havard University AS orang teratur melakukan sarapan pagi, lebih 50% tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan.

2. Sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan
Menunda sarapan dapat mempersulit untuk memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan.

3. Sarapan membuat tenang
Biasakan sarapan bernutrisi. Sarapan kaya akan serat seperti buah dan sayuran segar, membantu lebih aktif dan lebih tenang. Mencegah kantuk, lemas dan emosi.

4. Sarapan tingkatkan kemampuan otak
Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rat-rata skor 22% lebih tinggi ketimbang temannya yang tidak sarapan. Ketika bangun pagi, Energi (Glukosa dan glikogen) telah habis akibat aktivitas dihari sebelumnya. Tanpa glukosa yang lebih, akan membuat tubuh lebih cepat lemas dan berkunang-kunang.

5. Perlindungan terhadap penyakit jantung
Riset menunjukkan bahwa wanita yang meninggalkan sarapan selam 2 minggu memiliki kadar LDL lebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap sereal dan susu tiap pagi. Zuckerbrot menjelaskan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan mempercepat ekskresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Dimana LDL berperan dalam meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung.

6. Menjaga metabolisme
Sarapan menjaga metabolisme. Ketika metabolisme terganggu, akibatnya dapat menimbulkan gangguan pada tubuh, diantaranya dapat menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan secara drastis.

Jangan lewatkan sarapan bila ingin menjalani hari lebih optimal. Selamat bersarapan ria...

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
beritaunik.net
vemale.com

0 komentar :

Posting Komentar