Selasa, 25 Juni 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Banyak orang menghindari olahraga karena mengganggap hanya membuang waktu dan tenaga. Padahal hal tersebut justru berkebalikan. Olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan energi.

Dengan berolahraga ternyata mampu meningkatkan level energi. Dan olahraga merupakan faktor yang dapat dikendalikan oleh seseorang. Ketika seseorang lebih energik dan lebih fit maka seseorang akan merasa lebih baik. Anak yang sejak dini telah dikenalkan dengan olahraga dan manfaatnya akan memiliki kualitas kesehatan yang prima.

Tingkat energi seseorang tergantung pada kemampuan jaringan otot untuk menghasilkan energi, yang pada akhirnya juga bergantung pada oksigen. Oksigen disebarkan keseluruh tubuh dengan bantuan darah. Dengan berolahraga supply oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh akan meningkat. Ketika supply oksigen ke otak dan tubuh mencukupi, maka dapat dipastikan tubuh akan lebih waspada dan energik.

Olah raga teratur akan membuat seseorang lebih energik sehingga akan menjadi lebih aktif dan mengurangi kemungkinan kelelahan disiang hari. Tenaga yang diproduksi akan  melebihi kebutuhan aktivitas sehari-hari. Bukankah hal yang sangat menguntungkan jika pulang kerja masih memiliki sisa tenaga untuk keluarga?

Olah raga teratur akan meningkatkan enzim tubuh yang memanfaatkan glukosa, hal ini akan membantu melawan energi yang rusak, sehingga seseorang akan memiliki kekebalan yang kuat. Suatu penelitian dari University of Georgia menyatakan bahwa seseorang yang berolahraga mengalami peningkatan energi sebesar 20%.

Untuk meningkatkan energi tidak perlu ketempat kebugaran. Lakukan olahraga dimanapun tempatnya. Lakukan gerak jalan, Naik tangga dikantor, Menari atau hal lain yang ringan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali
health.kompas.com

0 komentar :

Posting Komentar