Sabtu, 06 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Trombosit adalah elemen terkecil dalam pembuluh darah. Trombosit adalah fragmen atau kepingan-kepingan tidak berinti dari sitoplasma megakariosit yang berukuran 1-4 mikron dan beredar dalam sirkulasi darah selam 10 hari.

Trombosit diaktivasi setelah kontak dengan permukaan dinding endotelia. Trombosit terbentuk dalam sumsum tulang. Masa hidup trombosit sekitar 7,5 hari. Sebesar 2/3 dariseluruh trombosit terdapat sirkulasi dan 1/3 nya terdapat di limfa.

Trombosit berperan dalam pembentukan sumbatan mekanis selama respon hemostatik normal terhadap luka, vaskular. Hal ini terjadi karena fungsi trombosit adhesi, pelepasan, agregasi, aktivitas prokoagulan dan fusi.

Trombosit berhubungan dengan kanker, polisitemia vera, trauma, sirosis, stres dan arthiritis reumatoid. Penurunan trombosit di bawah 20.000 berkaitan dengan perdarahan spontan dalam jangka waktu lama, peningkatan waktu perdarahan petekia/ekimosis.

Nilai platelet umumnya menurunkan sebelum menstruasi dan selama kehamilan. Trombositopenia berhubungan dengan idiopatik trombositopenia purpura (ITP), anemia hemolitik, aplastik dan pernisiosa. obat seperti heparin, kinin, antineoplastik, penisilin dapat menyebabkan trombositopenia. Trombositopenia adalah berkurangnya jumlah trombosit didalam darah karena suatu hal.

Jumlah platelet umumnya meningkat pada dataran tinggi, setelah berolah raga, trauma atau dalam kondisi senang, kontrasepsi oral dan dalam musim dingin.

Pemeriksaan Fungsi Trombosit
1. Tes Agregasi Trombosit (TAT)
2. Sediaan Apus Darah Tepi

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Kepmenkes RI, 2011, Interprestasi Data Klinik

0 komentar :

Posting Komentar