Jumat, 19 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Beberapa orang menghindari yang namanya tes darah. Bukan khawatir akan darahnya, kebanyakan takut akan jarum suntik yang digunakan. Tetapi ternyata beberapa orang telah memahami betapa bermanfaatnya tes darah untuk kesehatan.

Pentignya tes darah dapat digunakan untuk mendeteksi beberapa penyakit, diantaranya adalah

1. Menghitung jumlah sel darah
Dengan cek darah akan diketahui berapa jumlah sel darah yang dimiliki. Apakah normal atau tidak, Jika tidak normal kita bisa segara ditangani. Beberapa penyakit tidak menunjukkan gejala secara spesifik ketika jumlah sel dalam darah tidak normal. Hemoglobin membantu mengetahui penyakit anemia atau Leukosit mengetahui infeksi pada tubuh, Eritrosit, maupun Trombosit.

2. Infeksi
Dapat digunakan untuk mengetahui kondisi pada tubuh yang mengalami infeksi. Hepatitis dan Sifilis merupakan penyakit infeksi yang bukan merupakan penyakit bawaan. Sehingga tanpa tes darah kemungkinan besar tidak dapat diketahui.

3. HIV
Virus HIV hanya dapat dideteksi dengan cek darah secara rutin. Tes darah sejak dini dapat membantu mengetahui penyakit HIV lebih pasti

4. Gula Darah
Gula darah merupakan ja;an utama untuk menyebabkan terjadinya Diabetes Mellitus. Sehingga lebih bijak jika melakukan tes darah lebih awal untuk memantau kadar gula dalam darah, sebelum lebih buruk.

5. Tiroid / Kelenjar gondok
Tes darah dapat mengetahui penyakit tiroid atau kelanjar gondok. Sehingga terapi akan lebih mudah dialkukan

6. Kanker
Biasanya dilakukan pada deteksi tes darah normal. Jika hemoglobin abnormal, atau sel darah putih lebih tinggi, ada kemungkinan menderita karsinoma.

Pemeriksaan lebih awal, akan memberikan banyak manfaat. Lakukan secara rutin normal, tidak perlu terus menerus.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar