Selasa, 23 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bagi beberapa ibu mungkin akan terkejut, terutama bagi ibu hamil yang pertama kali. Karena melihat perutnya yang masih cukup besar, meskipun telah melahirkan. Tetapi hal ini memang terjadi hampir di semua ibu setelah hamil.

Perubahan hormon yang terjadi pasca kehamilan mempengaruhi bentuk fisik. Penyusutan rahim untuk kembali kebentuk semula akan lebih sulit. Dibutuhkan waktu 6-8 bulan untuk mengembalikan kebentuk semula, meskipun tidak optimal seperti pra kehamilan. Oleh sebab itu kenapa wanita setelah memiliki anak memiliki berat badan lebih dari pada saat sebelum menikah.

Beberapa cara telah dibeberkan oleh para peneliti maupun oleh ahli kebidanan untuk dapat mengembalikan bentuk tubuh yang ideal, diantaranya:
1. Menyusui
Dalam proses menyusui akan membantu melepaskan hormon ke dalam tubuh. Sehingga dengan menyusui akan membantu penyusutan rahim. Menyusui setara dengan membakar kalori sebesar 200-550 kalori tiap hari. Dan hal ini juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian menyusui akan menurunkan berat badan ibu pasca hamil secara bertahap selama 6 bulan.
2. Konsultasi dengan dokter mengenai olah raga yang cocok dengan kondisi tubuh dan aman. Biasanya yang dianjurkan adalah jalan kaki dan yoga. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan bermain dengan bayi, dengan bermain bersama bayi akan dapat membakar kalori dalam tubuh.
3. Memenuhi kecukupan gizi tubuh, karena nutrisi tubuh yang cukup dapat memaksimalkan metabolisme tubuh. Perlu diingat makanan manis dan camilan perlu dihindari. Lebih baik makan lebih banyak sehari dengan porsi cukup dari pada makan sekali sehari dengan porsi berlebih.
4. Tidur cukup akan membantu menjaga kondisi berat badan, sedangkan dengan kurang tidur akan mempersulit proses penurunan berat badan. Mungkin bagi ibu pasca melahirkan, tidur cukup adalah hal yang sulit. Tetapi bisa diatasi dengan meminta bantuan suami, tidur bersama saat bayi juga tidur.
5. Hindari penggunaan Obat - obat pelangsing
Penggunaan obat-obat pelangsing setelah melahirkan tidak dianjurkan. Kondisi tubuh yang belum stabil dapat membahayakan kondisi ibu, apalagi masih seringnya menyusui. Konsultasikan ke dokter atau bidan dalam memilih pelangsing. Olah raga cukup lebih baik dari pada penggunaan obat-obatan.

Sekian semoga bermanfaat dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Indivara, N., 2010, 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat, Pustaka Anggrek, Yogyakarta
wolipop.detik.com

0 komentar :

Posting Komentar