Selasa, 02 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hematokrit adalah presentase darah yang berupa sel. Menunjukkan presentase sel darah merah terhadap volume darah total. Misal, Hematokrit 40 berarti 40% dari volume darah adalah sel sedangkan sisanya plasma.

Nilai normal hematokrit pada:
Pria      : 40-50% atau SI unit : 0.4-0.5
Wanita : 35-45% atau SI unit : 0.35-0.45

Penurunan nilai Hematokrit (Hct) merupakan indikator anemia (karena berbagai sebab), reaksi hemolitik, leukemia, sirosis, kehilangan banyak darah dan hipertiroid. Penurunan Hct sebesar 30% menunjukkan pasien mengalami anemua sedang hingga parah.

Pada pasien anemia karena kekurangan zat besi (ukuran sel darah merah lebih kecil), nilai Hct akan terukur lebih rendah karena sel mikrositik terkumpul pada volume yang lebih kecil, walaupun jumlah sel darah merah terlihat normal.

Sedangkan peningkatan nilai Hct dapat terjadi pada eritrositis, dehidrasi, kerusakan paru-paru kronik, polisitemia dan syok.

Pemeriksaan hematokrit merupakan salah satu pemeriksaan darah khusus untuk membantu diagnosa berbagai penyakit misalnya Demam Berdarah Dengue (DBD), Anemia, Polisitemia. Penetapan nilai hematokrit dapat dilakukan dengan cara makro dan mikro.

Pemeriksaan hematokrit dapat diukur dengan menggunakan darah vena atau darah kapiler. Pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2 yaitu:
1. Metode makrohematokrit
2. Metode mikrohematokrit
berprinsip pada darah yang dengan antikoagulan disentrifugasi dalam jangka waktu dan kecepatan tertentu, sehingga sel darah dan plasmanya terpisah dalam keadaan mapat.
Metode mikrohematokrit lebih sering digunakan karena selain waktunya singkat, sampel darah yang dibutuhkan juga sedikit dan dapat dipergunakan untuk sampel tanpa antikoagulan yang dapat diperoleh secara langsung.

Individu yang tinggal pada dataran tinggi memiliki nilai Hct yang tinggi demikian juga Hb dan sel darah merahnya. Nilai normal Hct bervariasi sesuai umur dan gender. Nilai normal untuk bayi lebih tinggi karena bayi baru lahir memiliki banyak sel makrositik. Nilai Hct pada wanita biasanya sedikit lebih rendah dibanding pria. Dehidrasi parah karena berbagai sebab juga menjadi faktor meningkatnya nilai Hct.

Yang harus diwaspadai adalah nilai Hct < 20% dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian. Sedangkan diatas 60% terkait dengan pembekuan darah spontan.
Ada baiknya jika merasakan hal yang kurang nyaman pada tubuh untuk segera melakukan pemeriksaan dini.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Poskan Komentar