Rabu, 10 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Setelah melahirkan bukan berarti bebas beraktivitas. Kesibukan justru akan bertambah dengan hadirnya si buah hati. Tetapi selain merawat si buah hati, merawat diri sendiri juga setelah melahirkan juga tidak boleh dilupakan. Terutama bagi ibu yang melakukan caesar pada saat kehamilan. Ibu dituntut untuk dapat segera memulihkan kondisinya. Sehingga aktivitas untuk merawat si buah hati tidak terganggu.

Menurut Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp. BTKV, RS Pondok Indah dalam health.detik.com, secara prinsip proses penyembuhan luka setelah operasi ada 3 macam yaitu pertama adalah proses initial (lage phase) phase permulaan. Proses ini memerlukan waktu antara hari ke-3 sampai hari ke-7. Proses kedua adalah phase poliferasi yang memerlukan waktu antara hari ke-8 hingga hari ke-14. Sedangkan phase ketiga adalah phase remodelling yang memerlukan waktu antara hari ke-14 sampai hari ke-21.

Beliau menambahkan kesembuhan luka operasi pada dasarnya tidak dapat dipercepat proses penyembuhannya. Perlakuan hanya dapat dilakukan untuk menangani terjadinya infeksi yang dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk membantu proses pemulihan operasi caesar tepat pada waktunya, diantaranya:
1. Tidak membawa beban berat. Kondisi Ibu pasca melahirkan masih lemah, terlebih dengan adanya operasi akan timbul nyeri.
2. Makan sehat dan Istirahat yang cukup dapat meningkatkan energi dan daya tahan tubuh setelah kehamilan, sehingga tidak rentan akan timbulnya penyakit
3. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Masa nifas merupakan masa setelah kehamilan yang biasanya berlangsung selama 6 minggu
4. Banyak bergerak setelah memungkinkan. Lakukan bertahap untuk menghindari cedera.
5. Minum cukup untuk menghindari sembelit pasca melahirkan
6. Minta saran bidan untuk posisi menyusui yang baik
7. Rawat luka bekas jahitan dengan cara membersihkan memakai cairan antiseptik, mandi teratur dan membersihkan daerah kemaluan.
8. Proses penyembuhan luka akan menyebabkan rasa gatal dan agak terasa kencang, tetapi hal tersebut tidak perlu ditanggapi dengan berlebih. Jangan digaruk-garuk, perlakukan dengan lembut.

Sekian dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
 
sumur gali:
health.detik.com
Indivara, N., 2010, 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat, Pustaka Anggrek, Yogyakarta

0 komentar :

Posting Komentar