Sabtu, 20 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sering Kita menguap saat tubuh merasa lelah atau kantuk. Dan terkadang kita tidak menyadari akan hal tersebut. Kantuk merupakan sebuah rasa keinginan manusia yang terjadi secara alami yang memberikan isyarat pada tubuh untuk istirahat.

Menguap selalu identik dengan mengantuk, Kenapa kita sering menguap sebelum tidur?
Ada beberapa alasan ilmiah yang telah dilakukan

Tim penelitian binghamton menyimpulkan bahwa menguap berkaitan dengan suhu diotak kita. Menguap artinya mendinginkan otak. Otak bagaikan mesin komputer yang dapat bekerja optimal saat dingin. Otak akan meningkat suhunya ketika kita beraktifitas dan berpikir. Sehingga dengan menguap kita dapat mendinginkan otak.

Alasan lain kenapa kita menguap saat akan tidur, yaitu Kandungan oksigen didalam paru-paru berkurang. Penelitian menunjukkan, saat kita bernafas normal, paru-paru tidak digunakan secara normal. 

Dalam paru-paru memiliki organ alveoli yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dalam darah dan mengeluarkan karbondioksida dari darah. Jika alveoli tidak mendapat supply oksigen cukup maka akan mengempis dan paru-paru menjadi keras, sehingga akan direspon otak dengan cara menguap untuk menarik oksigen.

Tetapi yang menjadi permasalahan kenapa setelah menguap kita merasa ingin tidur? kenapa tidak menjadi optimal kembali kerja kita ketika suhu otak dingin atau alveoli telah tersupply oksigen?

Menguap pada kondisi ingin tidur tampaknya memiliki sebab-sebab yang belum diketahui. Sementara pada kondisi penyakit tertentu sudah banyak diketahui. Baca disini - menguap tidak pertanda kantuk saja

Demikian dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar