Senin, 29 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bingung dengan menu sarapan yang cepat dan praktis? Beberapa orang terkadang tidak sempat sarapan pagi karena tidak sempat menyediakan menu masakan. Roti gandum plus cokelat dapat menjadi alternatif untuk mengganti sementara sarapan pagi.

Gandum merupakan bijian yang kaya serat. Gandum merupakan sekelompok tanaman serealia yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu sebagai bahan untuk membuat berbagai olahan makanan diantaranya roti.

Satu iris roti gandum yang berwarna kecoklatan mengandung sekitar 67 kkal energi, 1 gram lemak, 2,37 gram protein, 12,26 gram karbohidrat dan 1,1 gram serat. Semua nutrisi ini bisa berubah menjadi energi untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang hari.

Pelengkap sederhanannya bisa berupa selai coklat. Selain tekstur yang lembut dan rasanya yang nikmat. Coklat juga kaya manfaat, untuk anak-anak hingga dewasa. Tetapi perlu diperhatikan bagi penderita penyakit gula atau orang yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis. Kenapa selai cokelat? karena selai cokelat mengandung tinggi karbohidrat dan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh.

Selai berbahan dasar biji kakao ini juga kaya akan flavonoid yang merupakan jenis antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tingkat stres.

Jangan salah memilih konsumsi selai cokelat dengan terlalu banyak gula dan lemak. Sebaiknya jeli melihat komposisi dalam kemasan. Pilihlah selai coklat yang komposisi utamanya lebih besar kandungan cokelat murninya. Karena coklat saja telah banyak mengandung gula dan lemak. Dengan begitu manfaat dari coklat akan diperoleh lebih optimal.

Kombinasi tersebut akan memberikan asupan energi cukup. Segelas jus jeruk atau susu bisa jadi minuman yang pas sekaligus memberikan tambahan asupan vitamin.

Terima Kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
healthy magazine
solopos.com
id.wikipedia.ord

1 komentar :