Minggu, 07 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hampir disetiap tempat dapat ditemukan dengan mudah tanaman pisang. Musa paradisiaca L adalah nama latin dari pisang.

Beberapa masyarakat percaya dengan mengkonsumsi pisang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam pisang banyak mengandung sumber vitamin, mineral dan karbohidrat.

Mengkonsumsi lebih banyak pisang dan mengurangi makanan gorengan dapat membuat orang lebih sehat. Salah satunya yaitu dapat mencegah penyakit stroke. Penelitian menemukan orang dengan asupan potasium atau kalium yang tinggi, mempunyai 24% resiko stroke yang lebih rendah.

Pisang diketahui banyak mengandung kalium yakni 420mg/pisang. Dalam dunia medis pisang sering disarankan dalam terapi hipertensi terutama jika mengkonsumsi obat hipertensi golongan deuretik.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kalium bisa membahayakan orang usia lanjut, karena ginjal mereka kurang bisa membuang zat tersebut dari darah. Tapi berdasarkan situs jurnal bmj.com disebutkan bahwa kalium tidak berpengaruh negatif pada ginjal.

Sebuah riset di California yang melibatkan 859 responden usia diatas 50 tahun membuktikan dengan mengkonsumsi sedikit lebih banyak pisang memiliki resiko penyakit stroke 12 tahun lebih lambat, sebaliknya konsumsi sedikit kalium memiliki resiko terkena stoke sekitar 2,6 kali pada pria dan 4,8 kali pada wanita.

Menurut Dr Clare Walton dari Stroke Association mengatakan mengurangi asupan garam dan makanan lebih banyak makanan yang kaya potasium (kalium) seperti pisang, kurma dan bayam bisa membuat resiko stroke turun.

Kalium dapat menjaga dinding pembuluh darah arteri tetap elastis, sehingga tidak mudah rusak.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
www.tempo.co

0 komentar :

Posting Komentar