Kamis, 28 Februari 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh


Kabar buruk menghampiri penggemar makanan ala barat. Ya, tidak dipungkiri lagi sebenarnya makanan ala barat ini kurang sehat dikonsumsi oleh orang Indonesia. Dan ternyata beberapa banyak yang dapat menimbulkan penyakit serius. Sebenarnya makanan asli indonesia sendiri memiliki manfaat kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan makanan barat.

Kalau sekali-kali untuk menghindari kejenuhan tidak masalah, tapi jika terus-terusan malah akan menimbulkan masalah. Beberapa makanan dari barat mengandung lemak trans atau Trans Fatty Acids yang merupakan salah satu otak dari terbentuknya kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi akan menyebabkan Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah). Akibatnya tekanan darah kita menjadi lebih tinggi. Dapat di gambarkan air mengalir dipipa besar akan lancar alirannya, ketika ada penyumbatan kotoran di dinding-dinding pipa menyebabkan pipa menyempit dan akhirnya tekanan air menjadi lebih besar. Begitu juga pada Aterosklerosis, kolesterol yang menumpuk pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Jadi biasanya penderita kolesterol tinggi sering diikuti dengan komplikasi pada tekanan darah. Jika berlanjut akan mengakibatkan penyakit jantung. Selain oleh lemak trans, kolesterol tinggi juga dipengaruhi oleh lemak cis atau lemak jenuh yang juga ada pada makanan.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan lemak trans mempengaruhi peningkatan kolesterol lebih tinggi dibanding lemak cis. Konsumsi lemak trans mengakibatkan peningkatan lemak jahat (LDL) dan penurunan lemak baik (HDL) secara SIGNIFIKAN. Padahal HDL menjadi penetral serta pembunuh LDL.

Beberapa makanan barat dalam bentuk kemasan ada yang telah mencantumkan kandungan lemak trans. Jadi selalu teliti dahulu dalam membeli. Jika tidak mencantumkan kandungan lemak trans dan Kita ragu sebaiknya tidak perlu dibeli.

Demikian sedikit informasi, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar