Sabtu, 23 Februari 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Jantung merupakan salah satu organ penting,
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang bertanggung jawab terhadap beberapa kasus kematian.

Tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk mulai menurunkan resiko penyakit jantung. Ya, karena penyakit ini tidak memandang usia. Jadi mari kita jaga jantung kita mulai detik ini,
Olah raga, makanan sehat dan lifestyle merupakan kunci kehidupan yang sehat. Tapi karena faktor fisiologi seperti bertambahnya umur, faktor resiko timbulnya penyakit semakin meningkat. Semakin bertambah umur hampir dipastikan sebanding dengan rawan timbulnya penyakit.

umur 20 tahun

Kebiasaan merokok
Merokok adalah musuh utama pada penyakot jantung, dan bahkan hanya beberapa batang rokok dapat menyebabkan kerusakan serius. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa merokok sebatang sehari mampu mengeraskan arteri dan mempengaruhi hormon dari estrogen yang rentan mendapatkan serangan jantung sebelum menopause.
Meskipun dikatakan sebelum menopause bagi perempuan, tapi bagi pria juga berakibat sama.
Jadi, sebelum terlanjur coba mulai dikurangi kebiasaan merokoknya. Bagi yang belum jangan dicoba.

Jangan abaikan faktor KB
Kontrasepsi hormonal sedikit meningkatkan faktor resiko pembekuan darah. Sehingga membahayakan jantung. Lebih baik selalu dikonsultasikan dengan bidan atau dokter

Alkohol
Berdasar penelitian alkohol dalam jumlah sedang baik untuk hati, sekitar 1 sloki sehari. Tetapi penggunaan berlebih dapat menyebabkan trigliserida meningkat, tekanan darah meningkat serta peningkatan berat badan.

umur 30 tahun

Menghindari stress
Saat mulai memasuki kepala tiga, Apalagi orang tua yang sudah punya anak, yang harus memenuhi kebutuhan keluarga. Dianjurkan untuk selalu menahan diri terhadap emosi. Kita dituntut bagaimana menemukan manajemen-manajemen untuk mencegah hal tersebut. Menurut Dr Stevens, stres memiliki dampak langsung terhadap kesehatan terutama jantung. Stress memicu penekanan terhadap adrenalin yang dapat meningkatkan tekanan darah dan mendestabilkan plak arteri sehingga cenderung menyebabkan penggumpalan dan serangan jantung

Sosial
Penting dalam menjaga hubungan dengan keluarga, teman atau orang lain demi kenyamanan hati. Bahkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa seseorang yang kesepian meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 76% , Hal yang harus diupayakan adalah mencoba keluar dari tekanan tersebut.

Umur 40 tahun

Tidur cukup
Biasanya pada umur ini telah menopause bagi wanita, sehingga kadar hormon dalam tubuh mulai berubah-ubah yang dapat mengganggu tidur malam. Banyak orang umur 40 tahunan sering mengalami gangguan tidur. Kurang dari 7  jam tidur dalam sehari dapat meningkatkan tekanan darah dan dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Biasanya ditandai dengan kondisi emosi yang labil saat melakukan aktivitas.
Lakukan kebiasaan baik setiap sebelum tidur seperti menonton tv humor, membaca atau lainnya.

Berlatih kekuatan otot
Biasanya mencapai umur 40-an massa otot semakin menurun, sehingga metabolisme ikut turun karena otot lebih banyak membakar kalori dari pada lemak. Luangkan 15 menit, 2 kali seminggu melakukan angkat beban ringan atau pelatihan pengencangan otot lainnya.

Umur 50 tahun

Cek EKG
Kelainan jantung mudah terjadi umumnya saat usia 50 tahun, sehingga sesering mungkin lakukan cek EKG dan konsultasikan dengan dokter, terlebih jika mengalami sesuatu yang tidak biasa pada tubuh

Tambah makanan berserat
Selain baik untuk kolesterol dan gula darah serat juga baik untuk kesehatan jantung, dapat juga mencegah sembelit akibat menurunnya metabolisme tubuh.

Umur 60 tahun

Cek tekanan darah
Setelah menopause dan bertambahnya usia cenderung sering diikuti dengan tekanan darah dan kolesterol serta pengerasan pembuluh darah. Oleh karena itu sesering mungkin lakukan cek tekanan darah (tensi) untuk mengontrolnya dan lakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan (apoteker)

Pengobatan
Jika hipertensi atau kolesterol tinggi sebaiknya segera dilakukan pengobatan, karena dengan menubah pola hidup terkadang menjadi percuma. Selalu konsultasi ke dokter dalam melakukan pengobatan.

Demikian sedikit coretan informasi, semoga menjadikan manfaat.

sumur gali
Indonesiamedia - Protect Your Heart at Every Age

Terima kasih, 
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu

0 komentar :

Posting Komentar