Minggu, 24 Februari 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,,

Seperti posting sebelumnya "parasetamol (sakit gigi, bukan panas)" di akhir kalimat sempat disinggung kenapa obat puskesmas yang diberikan selalu hampir sama.
Satu jawaban telah dicantumkan dalam posting "obat generik dan obat bermerek".

Pernah dengar orang berkata berobat di puskesmas itu obatnya hampir sama saja meskipun keluhannya beda atau mungkin mengalami sendiri.

Stock obat generik
Ya tentang stock obat generik, lebih jelas lihat di posting "obat generik dan bermerek". Itu alasannya, Jadi puskesmas hanya menyediakan obat yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu obat generik, kenapa hanya obat generik saja?? karena,

Obat memiliki khasiat yang sama
Obat memiliki khasiat sama. Artinya obat generik dipuskesmas memiliki khasiat yang sama dengan obat-obat bermerek karena kandungan zat berkhasiatnya sama. Misal parasetamol (generik) berkhasiat sebagai penurun panas dan menghilangkan nyeri, khasiat sama juga diberikan obat bermerek dipasaran. Misal parasetamol merek dagang yang isinya juga parasetamol. Karena isinya sama jadi khasiatnya juga pasti sama. Selain itu obat generik sama baiknya dengan obat bermerek. Jadi kenapa kita tidak berobat ke puskesmas?

Murah
Meskipun murah, Obat puskesmas memiliki khasiat dan kualitas yang sama baiknya dengan obat Brand Name, Jadi kalau khasiatnya sama dan tidak kalah baik kenapa harus beli yang mahal?
Kebanyakan orang sudah memiliki sugesti yang tertanam yaitu " obat murah kualitasnya buruk ", dan pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Silahkan buktikan sendiri dengan syaratnya hilangkan terlebih dahulu sugesti tersebut. Karena sugesti juga berperan dalam penyembuhan penyakit.

Satu obat memiliki banyak indikasi
Seperti posting sebelumya "parasetamol (sakit gigi, bukan panas!)". Parasetamol tidak hanya untuk penurun panas tapi juga dapat sebagai pereda nyeri (sakit gigi, sakit kepala) meskipun dalam kemasan tertulis untuk penurun panas (selalu cek indikasi, pasti ada indikasi lain).
Misal Kita punya keluhan batuk dan diberi obat Amoxicillin dan GG.
Terus suatu hari bilang sakit gigi dan diberi obat lagi Amoxicillin dan Asam Mefenamat. Kemudian lagi Kita periksa sakit luka terjatuh kemudian diberi Amoxicillin dan Asam Mefenamat.
Kenapa sama? itu alasannya Karena Amoxicillin digunakan sebagai Anti Infeksi, mungkin batuknya disertai infeksi, sakit giginya juga karena infeksi dan jatuh karena luka terbuka ditakutkan infeksi juga dikasih Amoxicillin.
Kemudian sakit gigi dan jatuh dikasih Asam Mefenamat, karena sama-sama timbul rasa nyeri.

Mungkin beberapa diantaranya itu alasannya, jika ada tambahan bisa di sharing di komentar.
Semoga bermanfaat, Terima Kasih

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

0 komentar :

Posting Komentar